Kewarganegaraan ganda terbatas anak yang lahir di LN

Tema satu ini sempat tenggelam dari peradaban beberapa bulan lalu. Belakangan mengemuka lagi setelah ada warning bahwa pendaftaran ke-WNI-an anak yang lahir di LN sebelum agustus 2006 dan bermaksud berwarganegara indonesia adalah 31 juli 2010. Jika sampai tanggal itu tidak mendaftar maka: anak dinyatakan bukan WNI (tidak warga negara ganda) dan konsekuensinya: tidak medapatkan hak sebagai wni pun kewajibannya gugur.
Jika masih berniat menjadi WNI atau memperoleh double warganegara, maka masuk dalam naturalisasi dengan cara: mengajukan kewarganegaraan melalui persidangan (court) dengan salah satu syarat: tinggal di Indonesia 5 tahun berturut2 atau 10 tahun on-off. Detailnya saya tidak tahu, ini skim dari diskusi yang saya ikuti (dan saya membaca saja karena di milist, alias tidak ikut berkomentar, hihihi…*hush).

Intinya, semua peraturan dan perundangan itu hanyalah bikinan manusia saja, semakin kesini semakin diperbaiki untuk mengakomodasi berbagai perubahan demi kenyamanan dan keuntungan bersama/mayoritas. Di sana-sini banyak bolong. Belum lagi beda kepala beda otak, beda mulut. Beda meja, beda merk printer, heheh apaan tuh, maksudnya, kadang interpretasi petugas di lapangan dan bagaimana mereka menyampaikan ke kita juga lain2, padahal undang2nya sama. Padahal juga akibat yang ditimbulkan kurang lebih sama. Bikin bingung dan tentu kesel terutama kalau kita pada posisi dirugikan atau direpotkan, kalau diuntungkan biasanya kan diam saja, hahah…

Kebetulan juga kakak kan lahir sebelum 1 Agustus 2006, jadi terkena aturan tersebut. Maka kita ikutan heboh, kalo gak kena sih adem ayam aja, hihihi…

Jadi, singkatnya, memang daripada…daripada…daripada… siapa tahu… siapa tahu kakak mau jadi presiden, atau politikus… atau pebisnis kelas dunia dikemudian hari… amiiinšŸ˜€ Kita telepon Pak Tony di KJRI Chicago. Bertanya apa saja syaratnya, biayanya, dan tata caranya. Dengan ramah dan baik hati sungguh membuat segar harišŸ˜€ Beliau membalas telepon dan menjawab berbagai ketidaktahuan kami.

Jadi deh kami mengirim sebuah amplop berisi syarat mengajukan kewarganegaraan ganda terbatas (ups ternyata ada kata terbatasnya loh :D):
1. Formulir permohonan kewarganegaraan yang di-download dari website kjri chicago, bermaterai 6000.
2. Fotocopy akte lahir anak
3. Fotocopy paspor kedua orangtua si anak
4. Pernyataan salah satu orangtua si anak, bahwa anak belum kawin, dicopy dari website kbri
5. Fotocopy salah satu kutipan buku nikah orangtua
6. Foto 4×6 terbaru anak, maklum anak cepet berubah mukanya, jadi kakak pergi ke toko sebelah untuk difoto
7. Money order sejumlah uang untuk biaya pendaftaran dan legalisasi fotocopy bukti nikah
8. Amplop kembalian berperangko untuk mengirimkan bukti kita sudah mendaftar dan masih dalam proses
*please kontak me for detail, atau buka website kjri chicago saja dan telepon petugas di sana.


Update: dapat telepon dari KJRI kalau dokumen sudah sampai dan perlu tambahan kelengkapan: fotocopy paspor US, kita pun scan paspor dan mengirimpan via email.

Author: aku, si ibu

Hanya aku... ya aku... siapa lagi :)

2 thoughts on “Kewarganegaraan ganda terbatas anak yang lahir di LN”

  1. yg dimaksud terbatas itu bagaimana ?
    apakah hak2nya tdk sama dgn wni kebanyakan?

    semoga cepet beres dan lungsur langsar aja

  2. Terbatas hanya sampai usia 18 th, setelah usia 18 harus memilih wni atau negara tempat lahir. Selama double warganegara itu, semua haknya sama dengan wni, misalnya datang ke Indonesia tidak perlu visa/ijin tinggal. Insha Allah lancar, terima kasih doanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s