“Your son is strange today”

Hari terakhir dalam minggu ini kakak sekolah, 30 menit sebelum dijemput pulang, ada telepon dari nurse office untukku. Katanya, kakak dalam 1 jam ini tidak seperti biasanya…
Deg, kaget…


Namun, tenang… tenang dulu, biarkan nurse bicara.
Suara perempuan itu menanyakan apakah aku ibunya kakak, kemudian memperkenalkan diri sebagai nurse di sekolah kakak. Ia memeriksa kakak yang dibawa gurunya ke ruang nurse karena gurunya bilang, kakak kelihatan tidak biasa. Diam saja. Tidak merespon jika dipanggil namanya, atau diminta melakukan sesuatu. Tidak ikut aktif atau bereaksi pada permainan atau lagu. Khawatirnya lagi, kakak menutupi telinganya dengan tangannya. Namun, setelah diperiksa, suhu tubuh dan telinganya, gak ada masalah.

Aku memastikan saja kalau kakak baik2 saja selain diamnya itu. Kemudian menanyakan apakah aku harus jemput kakak sekarang atau nunggu bubar sekolah seperti biasa. Nurse bilang, sebaiknya aku jemput sekarang juga. Wuuussshhh meluncur deh ke sekolahan kakak.

Asisten guru kakak menemaniku ke ruang nurse. Nampaknya guru kakak tidak hadir. Asisten menceritakan asal mulanya, persis yang dibilang nurse di telepon. Di ruang nurse, kelihatan kakak duduk di kursi kecil, hadap2an dengan nurse yang tadi telepon, dan asisten guru kakak yang lain menemani duduk. Semua gantian bercerita, isinya sama. Mereka merasa kakak lain saja.

Aku sendiri begitu tiba, langsung jongkok memeluk kakak. Kakak hanya menatap kosong, terus memalingkan mukanya ke arahku, sampai aku ajak pulang. Gak ada jawaban apa2 dari mulut kakak. Aku bilang ke nurse, kakak mau dibawa pulang agar bisa istirahat. Nurse setuju dan mengantar kita sampai ke depan kelas kakak, seraya berpesan ingin tahu apa alasan kakak, kalau kakak sempat cerita.

Menuju parkiran, kakak minta digendong. Aku godain, kakak mulai senyum2. Malah sempat ketawa segala. Tapi memang kakak diam saja sampai rumah, pun ketika disuapi makan siang.

Dugaanku, kakak mau sakit. Sudah 2 kali kejadian, gurunya bilang kakak pendiam hari itu, sorenya kakak panas. Aku pegang badannya juga lain, walaupun nurse bilang suhunya normal.
Cuman, karena memang sifatnya kakak, semakin dirubung, diperhatikan, dan ditanya2, kakak makin diam mungkin merasa aneh juga, kenapa semua orang menatap dan nanya2 terus. Sementara dalam suasana normal pun, kakak masih malu2 untuk bicara dengan orang lain. Makanya, ketika aku gendong menuju parkiran dan aku godain, kakak masih tertawa.

Namun alhamdulillah, sampai malam, besoknya dan besoknya, kakak sehat, ceria seperti biasa. Aku pelan2 bertanya, kenapa hari itu di sekolah. Ada yang ambil mainan yang sedang dipakainya? ada yang dorong, ada yang being not nice? Kakak menjawab No. dan bilang ada bunny di telinganya, jadi kakak close (cover) the ears so the bunny will not go out. Oh…
Lain waktu kakak bilang temannya george berteriak, jadi kakak tutup telinga. Aku tahu george itu kadang2 masih suka nangis teriak2 saat masuk kelas atau ketika pulang. Lagipula tadi asisten guru bilang gak ada suara ribut atau keras yang bikin kakak tutup telinga.

Cerita lain lagi, kakak bilang:”But I have no energy to play, ibu…” ohhh sounds make sense🙂 Ibu akan ceritakan semuanya ke guru dan nurse minggu depan. Kesepmatan bagus juga buat ibu ceramah…
“Ok, next week, you bring healthy snack to school, no more chocolate cookies. Like red in super why (film anak2), healthy snack will keep you strong to play, while not good snack will make you tired easily…”
“Oke…” jawab kakak… euh ngerti ka…🙂

*and next week, i put banana to his brown bag and kakak tell me after school: “the banana peels go to trash bin and the banana goes to mouth, and here… and here…” sambil menunjuk kerongkongan, dada, dan perut🙂

Author: aku, si ibu

Hanya aku... ya aku... siapa lagi :)

Leave a Reply

