Pre K vs Preschool

Tanya dong, apa bedanya Pre-K dan Preschool?
Sejak usia 3, kakak masuk preschool, paling tidak begitu disebutnya di sini. Trus kalau pre-K apa lagi? Baca2 ternyata usia Pre-K dengan Preschool sama: 3-4 tahun, catatannya: 5 tahun masuk K.
Sekarang tahun ajaran baru, kakak melanjutkan di sekolah (preschool) yang sama. Cari2 info tentang Pre-K gak ketemu juga.


update:
Ya, setelah cari2 di internet, share dengan teman2, aku menemukan jawabannya, singkatnya begini:
Dari segi usia, preschool mulai 0-5, sedang Pre-K mulai 3-5. Yaitu sebelum masuk K (TK).
Kurikulum pada preschool lebih mengutamakan main, main, main, ngikutin maunya anak, biasanya dilakukan di daycare (penitipan anak), sedang pre-K lebih mengarah pada mempersiapkan anak untuk masuk TK, seperti belajar nulis, baca, ngitung, berkelompok, ngikutin aturan, diskusi. Namun tetep gak maksain anak.
Ketika memasuki usia 3-5 tahun, preschool atau Pre-K hanyalah penamaan saja, bergantung kebijakan lokal sekolah atau pemerintah. Bahkan lain negara lain penamaan (bagi yang native languagenya sama). Terpenting adalah kurikulumnya itu. Misalnya di sekolah kakak, disebutnya prechool tapi kurikulum Pre-K. Bisa juga childcare namun sudah melaksanakan Pre-K. Namun, jika sudah disebut Pre-K, kurikulumnya dipastikan kurikulum Pre-K.

Sedikit membingungkan, dimana anak kita harus dimasukkan? Kembali ke tujuan anak masuk sekolah dan peraturan pemerintah. Saat ini, kebanyakan anak mulai masuk sekolah pada usia K, namun pada umumnya tidak menjadi syarat masuk SD/elementary/grade. Di beberapa negara bagian di US sini, ada yang mensyaratkan anak masuk K dulu sebelum grade, kebanyakan tidak, namun sebaiknya anak memang sudah mengenal baca-tulis-hitung begitu masuk grade.
Jadi, menurutku, yang penting adalah Knya itu sendiri, walopun tetep K sendiri gak wajib (kec. beberapa tempat).
Maka untuk preschool atau Pre-K, kembali ke tujuan anak sekolah, apakah untuk pintar, sosialisasi, pengenalan K, orangtua bekerja, dll.

Kalau kakak sih, kita masukkan ke preschool agar bisa sosialisasi, belajar mengikuti aturan berkelompok, dan memperlancar bahasa inggris, berhubung di rumah gak ada teman main dan tidak terlatih bergaul dengan menggunakan bhs inggris. Saat daftar untuk tahun ajaran baru nanti kelas yang lebih besar (jumlah murid lebbih banyak, lebih mirip TK) sudah penuh, dan si petugas mengusulkan lokasi lain, aku menolak, mending melanjutkan yang ada, gak apa2 kelas sedikit, yang penting itu tadi niat awal tercapai.

Ya udah gitu saja🙂

Author: aku, si ibu

Hanya aku... ya aku... siapa lagi :)

4 thoughts on “Pre K vs Preschool”

  1. mungkin klo di indo preschool itu PAUD(Pendidikan Ank Usia Dini) usia’y 3-4thn,semacam ky playgroup gt diajar bernyanyi,bermain,mewarnai,ada jg berhitung n membaca tp kpasitas’y sdkt paling bnyk cm bernyanyi dan bermain. usia 5th msk TK(TAMAN KANAK2).lbh sering mrka diajar membaca,menulis,berhitung. ada jg sh nyanyi n bermain’y

  2. imho,
    kalau preschool, ya buat anak2 yg belum masuk usia sekolah, umumnya 3 thn. kerjaannya main2, pengenalan ini itu, gitu kali ya..
    kalau udah pre-K, itu persiapan untuk masuk Kindergarten, udah agak lebih serius sedikit kali ya..
    tp ga baku gitu jg istilahnya tergantung gmn sekolahnya nyebutnya aja..

  3. Makasih Pipit dan Sophia’s Mom, pas sekali deh masukannya dengan yang udah dikumpul2in dari inet, …

    kelihatannya hanya penamaan saja ya. Yang membedakan kurikulum/program di dalamnya.
    tempo hari juga sempat nanya ke gurunya kakak, bedanya sekolah kakak dengan preK, katanya ya sekolah kakak itu namanya sih preschool cuman kegiatannya pre-K

    thank you sekali lagi ya…

  4. iya sama2… selamat sekolah ya nak (buat kaka) smga jd anak yg pintar, dan berguna, jg bsa membanggakan kedua orang tua nya amiiin… de bas mau nyusul sekolah jg ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s