Hari pertama S sekolah (Pre school)

Masih teringat bangaimana K dan B pertama kali masuk sekolah di preschool. Usia mereka lebih bbrp bulan dari 3. K dengan gayanya sendiri, perlu berjuang keras selama 2 tahun untuk enjoy di sekolah. Menangis, dibujuk, diberi hadiah, digendong, sampai ujung2nya sih tega saja ditinggal di sekolah selama 3 jam, 3 minggu sekali. Beruntung, tahun pertama sekolah dia punya guru yang sangat telaten. Miss Connie namanya.

Sementara B, sekitar 3 hari pertama nampak pasrah saja ditinggal, tatapan mata sedih, dan selanjutnya diam mengikuti gurunya bermain. Laporan gurunya, dia baik2 saja. Kecuali saat dijemput, dia memelukku sambil berurai air mata. Pernah aki dan nini yang masuk kelas untuk jemput, B menangis sejadi2nya, maaf B🙂 Selanjutnya B lebih mandiri di tahun kedua karena dia menggunakan antar jemput bis sekolah sebagai anak disable (berkebutuhan khusus). Tahun kedua, B memang mendapat pelayanan khusus untuk memicu kemampuan akademik dan sosialnya.

Kali ini S, masuk preschool hanya beberapa hari menjelang 4 tahun. Cut off masuk sekolah di state kami memang 1 agustus. Gak peduli tanggal berapa anak lahir, selagi belum 3 tahun saat 1 agustus, mereka tidak boleh masuk sekolah dulu. Jadi, S memang anggap saja masuk preschool usia 4 tahun, lebih dewasa 1 tahun drpd kakak2nya. Dia juga sudah ingin sekolah seperti kakak2nya. Hasilnya?

Hari pertama semangat minta ampun. Bekal makannya harus sama dengan K dan B, padahal dia cukup perlu snack, kan cuman 3 jam. Aku menyelipkan sekantung anggur selain nugget ayam dan nasi yang dia minta. Dengan gembira dia melangkah ke sekolah, bersama backpak bergambar thomas, lungsuran K dan B. Dia isikan beberapa buku bacaan dan mainannya, “I need it at school” katanya lucu. Tangan lain menenteng lunch bag bergambar minion kesukaannya. Gembira.

Pun ketika aku menaruhnya di kelas. Cukup aku dadah dan dia menuju meja yang dia inginkan sambil tersenyum. Cukup itu saja? Ya… no drama…. Gak seruuu… hehe… alhamdulillah…

(—Saat itu tanggal 12 desember, sehari sebelum sister lahir🙂 —)

Author: aku, si ibu

Hanya aku... ya aku... siapa lagi :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s