Alton, kota kecil sepanjang Great River

DSC_1351
Piasa Bird Mural

Aku sukak…. sukak dengan wisata kota unik. Uniknya karena arsitektur tua, karena bisa jadi umur kotanya memang tua, masih mempertahankan alam, bisa taman, hutan kota, atau hutan alami yang terjaga, serta aktivitas penduduk yang sederhana namun tetap hidup, menikmati hidup.

Di Iowa dulu, ada dua kota unik yang aku suka: Ottumwa dan Fairfield. Eh tapinya aku suka karena pernah ke sana juga. Tempat2 lain tentunya banyak.

Adalah Alton, kota sepanjang sungai Mississippi. Kota sedikit berbukit ini kecil memang, memiliki taman hutan yang banyak, luas, dan terawat. Jalanan sepanjang sungai Mississippi yang dijadikan nilai jual dengan tag: “Great River”, kota kelahiran Robert Wadlow, yang pernah jadi orang tertinggi di dunia, mural gambar Piasa Bird disertai kisah misteri yang menyertainya, pabrik batu bara, dengan tulisan besar pada dindingnya: “Welcome to Alton” bersama gambar bendera Amerika berkibar.

Toko-toko tidak ada yang besar. Bahkan aku tidak melihat national chain toko di pusat kota. Kebanyakana dalah toko dan restaurant lokal yang menjual barang2 unik. Di salah satu hall besar tepi sungai bahkan menjadi pasar loak setiap saptu minggu sebulan sekali. Kebetulan, terakhir ke sana bersama aki-nini, sedang ada pasarnya. Senang lihatnya, banyak barang antik, walaupun harganya masih terhitung mahal.

Kios es krim bernama Scoup di seberang jalan pasar tersebut juga keci, apalagi dibanding Ted Drewes. Namun rasa dan harga boleh diadu. Kami duduk menikmati es krim di musim gugur. Dingin juga sih, apalagi dengan angin yang bertiup-tiup menerbangkan selimut sister. Tapi asik…. Waktu itu, malah bertemu keluarga Malaysia dari St Louis juga, makan es krim bersama.

DSC_1363Hutan kota dengan jenis pepohonan yang berubah warna dengan luar biasa cantik saat musim gugur, itu salah satu kesukaan kami untuk berkunjung. Sekedar mengagumi ciptaan Sang Kuasa, berfoto, dan menyegarkan pikiran. Kita bisa menikmatinya di sepanjang highway sepanjang sungai. Pohon tersebut terpajang sepanjang dinding sebelah utara, dilengkapi tongkanga tau perahu yang hilir mudik di air. Jalanan lurus bersih, sesekali sepeda terkayuh di tepi kiri dan kanan. Indah.

 

Atau masuk ah ke dalam hutan kota, terus ke dalam, maka tiba-tiba kita seolah ada di dalam film musim gugur di hutan emas. Pohon berwarna hitam dan dedaunan menguning, oranye, atau merah. Ada yang masih sedikit hijau atau sudah coklat. Semua warna yang berharmoni. Berhenti sebentar, terlentang di atas dedaunan kering, tidaklah akan segan atau malu, karena tidak ada orang lewat. Kadang malah takut sendiri karena sepi.

Akses menuju Alton dari St Louis ada dua. Pertama menggunakan jalur biasa, menggunakan highway dan akan tiba di sisi timur kota dengan menyebrangi jembatan besar terlebih dahulu. Jembatan sederhana namun dijadikan icon dengan latar belakang skyline kota. Akses satu lagi, dari county St Charles, melewati jalanan kecil, ladang gandum dan jagung, perumahan petani dan desa2 kecil Amerika. Sampai tiba di penyebrangan Ferry bernama Eage Landing. Ya, tidak ada jembatan di situ, adanya Ferry yang hilir mudik membawa mobil menyebrang dari kedua sisi. Bayar tentunya. Di atas Ferry selama beberapa menit, kita harus mematikan mesin mobil, dan boleh turun sekedar lihat kiri kanan air, atau duduk santai saja di mobil.

Lengkap keunikannya kan, mengunjungi Alton ini? Makanya kami sudah beberapa kali ke sini saat musim gugur. Satu hal yang ingin kami lakukan di sini dan sampai sekrang belum adalah mengikuti: Eagle Watch. Sekitar bulan Februari, kelompok elang yang akan bermigrasi, mampir di atas Alton, terbang ke sana ke mari. Kita bisa menyaksikan mereka di salah satu tempat yang disediakan, atau di mana saja. Kendalanya adalah, musim dingin, agak malas bertahan terlalu lama di luar hanya melakukan kegiatan menunggu dan memandang, hehe🙂

Author: aku, si ibu

Hanya aku... ya aku... siapa lagi :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s