Meramec Cavern, Jesse James Hideout

12650955_10153849578036382_5097480688905269094_n
Jesse James (L) and gang

Hari Sabtu ini suhu bagai musim semi saja, 60+F! Kami pun memutuskan pergi ke Meramec Cavern yang sudah direncanakan beberapa minggu lalu. Kami berniat pergi ke situ untuk melengkapi school project K tentang Jesse James, salah satu Missourian terkenal.

Jesse James adalah perambok bank dan kereta pasca perang sipil Amerika. Dia dianggap sebagai folks hero sehingga banyak dikagumi dan dibela oleh rakyat kebanyakan. Pada saat itu, perampok bank menjamur dimana-mana disebabkan kesenjangan ekonomi akibat perang sipil. Bank dan kereta dianggap simbol kemapanan sehingga mereka yang merampok bank dianggap membela rakyat kecil.
J

12654261_10153849578621382_1080242300545203402_n
Reward for those who get them

esse James berhasil merampok beberapa bank dan kereta di 10 negara bagian namun selalu berhasil lolos saat dikejar. Sayembara ribuan dollar ditawarkan bagi yang bisa menangkap Jesse dan adiknya Mark James. Jesse selalu berhasil berpindah-pindah menyamar dengan berbagai nama samaran dan pekerjaan. Dia juga pernah bersembunyi di Meramec Cavern ini. Persembunyian di salah satu pojok gua sangat tidak kentara karena terhalang air. Untuk menuju ke sana, harus menyelami air dulu. Siapa yang menyangka di balik air itu ada tempat bersembunyian?

Tahun 1882, Jesse James dinyatakan mati tertembak pada usia 34. Namun bertahun2 kemudian, beredar kisah disertai foto2, Jesse tua merayakan ulang tahunnya ke 102. Dikabarkan Jesse sesungguhnya meninggal beberapa minggu sebelum berusia 104.

Laki2 yang tertembak tahun 1882 disebut sebagai salah satu perampok bank yang gemar menyerupai dan mengaku Jesse James.

Meramec Cavern, menjadikan kisah Jesse James sebagai nilai jual dengan branding: “Jesse James Hideout”. Sekitar gua juga banyak bisnis yang berhubungan dengan kisah Jesse James, mulai cendera mata sampai museum.

Dengan harga tiket $21 untuk dewasa dan $11 untuk anak2 mulai usia 5thn, bisa menyusuri sebagian kecil Meramec Cavern sejauh 1.25 mile selama lebihd ari 1 jam. Guide akan menjelaskan apa saja isi gua dengan detail dan menarik kepada group berjumlah 25 orang. Gua yang terawat dan pahatan alam yang luar biasa, sangat menarik bagi mereka yang menyukai wisata alam.

Missouri sendiri dikenal sebagai The Cave State. Ada ribuan gua, besar dan kecil. Pada gambar terakhir di atas, adalah sebaran gua yang terkenal dan besar. Harga tour di setiap gua berbeda. Gua yang dikelola pemerintah seperti Onondaga Cave, biasanya lebih murah daripada yang dikelola swasta seperti Meramec Cavern ini. Selagi ada atau berkunjung ke Missouri, cobalah menyempatkan melihat salah satunya. Dijamin puas🙂

Author: aku, si ibu

Hanya aku... ya aku... siapa lagi :)

Leave a Reply

