Bahan bacaan


Hamil pertama kali, di Luar Negeri, tanpa keluarga dekat, hanya berdua suami, maka bacaan menjadi modal utama. Kadang dokter kandunganku sendiri menyarankan untuk selalu mencari informasi melalui buku dan bacaan lain. tentunya selain itu banyak konsultasi dengan dokter, dengan keluarga, dan dengan teman2 dengan berbagai cara yang memungkinkan.

Catatan2 di sini ditulis berdasarkan sumber yang saya baca, bukan yang wajib dibaca wanita hamil. Kebetulan saja saya mendapat buku2 tersebut. Kutipan2 diambil hanya berdasarkan yang saya alami selama kehamilan. Tujuannya hanya satu, sebagai catatan pribadi di homepage pribadi ini. Jika kemudian bermanfaat bagi yang lain, saya bersyukur bisa membaginya.

1. As Your Baby Grows
Majalah dari American Baby saya dapat free ketika visit pertama ke dokter, beserta brosur2 lain yang dikeluarkan oleh klinik dan pemerintahan setempat. Memuat pertumbuhan bayi dalam kandungan dengan skala bulanan dan dipecah lagi mingguan.
Pertumbuhan bayi sejak pembuahan sampai dilahirkan dilengkapi foto2 berwarna yang diambil dengan menggunakan kamera jarum yang ditusukkan ke dalam uterus. Foto2 tersebut membuat saya dan mas berdecak mengagumi kebesaranNya. Betapa luar biasa kehidupan 9 bulan tersebut.
Kemungkinan besar majalah tersebut kutipan dari Buku berjudul: A child is born, karangan Lennart Nilsson dan Lars Hamberger.

2. Babycenter.com
Salah satu situs tentang prekonsepsi, kehamilan, dan pasca kehamilan (pertumbuhan anak).
Selain itu, saya juga mendapat notice setiap kali memasuki minggu baru dan dijelaskan kondisi bayi juga ibunya pada minggu tersebut. Informasi umum disusun dalam kalender kehamilan mingguan, dan dipecah dalam harian. Jika mau, kita juga mendapat majalah gratis, namun namanya gratis, kebanyakan iklan. Sangat membantu, lebih jelasnya silakan kunjungi situs tersebut.

3. Bunda dan Buah Hati
Buku terbitan Info Master, saya beli di Gramedia ketika kakakku Rina hamil oleh Put2. Kemudian saya bawa kesini just in case saya butuh. Ternyata bener deh, alhamdulillah. Isinya separuh tentang Kesehatan Ibu dan Anak (termasuk kehamilan) dan daftar obat yang beredar di Indonesia disertai penjelasan rincinya. Lumayan membantu walaupun ulasan tentang kehamilan sangat umum.

4. Seri Ayah Bunda info Kehamilan Terencana dan Bahagia
Majalah ini oleh2 dari teman kita Markus & Firsta (hi guys) ketika mereka kembali dari Indonesia. Sangat membantu untuk menambah informasi sebelum masa kehamilan.

5. Natural Fertility and Pregnancy
Buku karangan Anne Charlish dan Kim Davies, saya beli di Border sebelum hamil. Buku bersampul keras dan lembaran ekslusife berisi informasi umum yang kita perlukan pada rangkaian kehamilan mulai dengan prekonsepsi, kehamilan (first tirmester, 2nd and 3rd trimester), merawat bayi baru, dan theraphy pasca kehamilan.

6. Understanding Children
Sebetulnya buku tampilan eksklusif ini tentang anak sejak lahir sampe balita. Namun ada sebagian tentang kehamilannya yang cukup bermanfaat menambah2 informasi. Seperti chart pertumbuhan berat badan, heheh… kalo lepas kontrol kan bahaya Ternyata buku ini pernah di kupas Oprah😉

7. What to Expect When You’re Expecting
Ini dia kitabnya orang hamil di Amerika.. hahah.. katanya… Best seller buku kehamilan. Percaya aja deh sama mayoritas. Karena ternyata isinya juga cukup memenuhi kebutuhan informasi. Bahkan yang tidak kita bayangkan disitu muncul, dijelaskan dengan terinci. Bacalah keseluruhan sepintas, alias judul2 gedenya saja di awal kehamilan. Dan selanjutnya baca sesuai usia kehamilan yang akan dihadapi. Karena informasi tentang apa yang dialami ketika hamil sangat komplek dan jelimet, tidak bisa sekali baca kemudian diingat2 saja. Pasti tetep bolak-balik dibuka🙂
Kabarnya sudah beredar edisi berbahasa Indonesia dengan judul: Apa yang anda hadapi per bulan, klik di sini. Harganya 52 rebu? gilee.. murah yaa.. dah berbahasa Indonesia lagi, jadi gag perlu bolak balik buka kamus hehehe…

Selain sumber tersebut, internet merupakan sarana yang banyak menyediakan bantuan dalam bentuk forum diskusi dan mailing list. Memasuki komunitas yang “bernasib” sama, sangat meringankan beban dan membuka wawasan kita.

Don’t be alone… share what you feel then your problem will ease up and your happiness will grow

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s