Bayi lahir kuning

Jaundice atau kuning pada bayi baru lahir adalah biasa. Maksudnya, banyak kasus gitu loh. Di Indonesia, emaknya itu suka diomelin para penonton: kurang berjemur siiih waktu hamil. Diem aja di rumah siiih. Dll lah. Hihi… biarin aja deh…

Kalo di sini, jaundice biasa kena pada baby winter. Ternyata memang karena kurang kena sinar matahari ya. Selain faktor itu, ras asia dan bayi asi ternyata mendominasi bayi jaundice.

Jaundice adalah menguningnya warna kulit dan mata akibat kebanyakan bilirubin.
60% bayi lahir mengalaminya. Kebanyakan tidak perlu treatment dan menghilang dalam 2 minggu.

Jadi ceritanya gini:
Sebelon lahir, bayi nih memerlukan banyak sekali cel darah merah untuk mendapat oksigen, dari darah ibunya. Pas lahir, ketika mulai menghirup oxigen dari luar, fetal hemoglobinnya gak diperlukan lagi, gak sebanyak waktu dalam perut ibunya. Sel darah merah yang mengandung fetal hemoglobin itu perlu dipecahkan dan dikurangi. Keluarnya melalui liver dan pup. Akumulasinya sih pada pup, yang disebut meconium itu, makanya warnanya item banget. Liver bayi yang masih muda itu kemungkinan gak bisa mengurai bilirubin dengan cepat diawal kelahiran. Makanya bayi pas lahir itu kena kuning/jaundice.

Hitungan bilirubin adalah mg/dl (miligram/desiliter) darah. Orang dewasa dan anak normalnya 1mg/dl. Sementara bayi lahir biasanya 6 dan menurun kira2 seminggu sampai 1mg/dl. Kalo livernya gak cepat, angkanya bisa naik. Nanti turun juga sih. Namun, ada sejarah bayi dengan bilirubin sangat tinggi, menderita penyakit disebut bilirubin encephalopaty atau kernicterus. Angka tinggi juga bisa menyebabkan brain damage. Alhamdulillah jaman sekarang sih gak sampe begitu sih. Cuman ya, jaga2 saja ya.

Penanganannya bagi bayi dengan level tinggi adalah pakai jaket ultraviolet, tidur di atas ‘ranjang’ lampu ultraviolet, atau di sinar dari atas. Selama phototeraphy itu, setiap pagi darah bayi harus diambil untuk dicheck level bilirubinnya, sekali levelnya turun, gak akan naik lagi, jadi teraphy bisa dihentikan.
Kalo kulit bayi sensitif, bisa same bruntus2 gitu, apas ih namanya, kayak jerawat kecil2 merah kering. Nanti sembuh sih, minta salep aja ke dokternya (minta=beli )

—-

Pengalaman bayi kena jaundice.
Baik kakak yang lahir bulan Mei dan adik yang lahir bulan Februari, akhir kehamilan keduanya mengalami musim winter, keduanya kena jaundice.

Kakak.
Hari ke-2 di RS, aku dan mamah juga mas mengamati kalo putih matanya kok gak kinclong. Terus mamah lihat sekitar dagu dan hidung menguning. Ternyata dokter anaknya mengatakan bilirubin kakak memang lumayan tinggi untuk kelihatan kuning, namun masih dalam batas normal, tidak perlu teraphy apabila tidak naik. Angkanya 8. Kakak dijemur melalui jendela di RS.

Adik.
Adik ini gak kelihatan kuningnya malah. Mo lihat matanya, dia bobo mulu. Dokter kasih tahu bilirubinnya 12. Keesokan harinya diperiksa lagi bilirubinnya 14. Karena angkanya naik itu, bilirubinnya dipantau terus. Pas mau pulang, diperiksa lagi, angkanya naik jadi 16. Waktu itu diputuskan Adik perlu teraphy.
Teraphy yang digunakan adalah macam tempat tidur kotak ada lampu ultravioletnya. Ada alas kain model baju. Adik dimasukkan situ dengan hanya pakai diaper, eh pake topi juga sih. Gak boleh diangkat kecuali untuk mimi dan ganti diaper. Syukurnya, adikkan masih seneng2nya tidur, jadi gak terlalu mengganggu dia.
Waktu itu tetap dicatat berapa kali pup, pee, dan miminya. Poopnya kelihatan hijau gelap dan lengket pengaruh penyinaran.

Selama 2 hari, pagi2 Adik pergi ke lab sama bapaknya, periksa darah. Darahnya di ambil dari tumit kaki kanan-kiri bergantian. Pemeriksaan yang kedua, bilirubin turun. Dokter anak mengintruksikan teraphy bisa dihentikan. Semua alat2pun kita bereskan. Adik  masih kuning2 sampai 2 minggu. Kemudian menghilang.

Sekarang… udah kinclong…

—-

Sumber: American Liver Foundation, breastfeedingbasics.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s