Gigi bayi

*Gambar gigi diambil dari: dr.chetan.com

Kapan seharusnya gigi bayi keluar?
Bagaimana jika tidak keluar2?
Bagaimana jika keluar lebih awal daripada rata2 bayi lain?
Apa yang harus dilakukan?
Apa sebabnya?
Adakah pengaruh makanan ibu ketika hamil?
Kurang atau kelebihan kalsium?
Begini… begitu.. bukan saja pertanyaan tentang gigi, tapi semua.. semua hal yang berhubungan dengan bayi kita selalu membuat ibunya khawatir. Iyaaaa aku juga begitu, ngaku deh.

Kali ini tentang giginya kakak yang dinilai neneknya “ngebut”. Usia 5 sudah teething. Pada 5 bulan 2 minggu keluar satu. 2 minggu kemudian keluar lagi 1. Setiap 2 minggu. Total sekarang ketika usianya 7.5 bulan adalah 5 gigi. Kata Nini pula, gara2 aku kelebihan kalsium.

Setelah baca2:
Rata2 tumbuh gigi adalah sekitar: 5-7 bulan. Jadi kakak ga kecepetan dong. Normal malah. Ada yang lebih awal, ada yang harus menunggu sampe 18 bulan. Aku pernah baca ada yang 3 bulan udah tumbuh gigi.
Umumnya tumbuh yang bawah dulu. Biasanya girls lebih cepat daripada boys.
Namun nih, bagi keterlambatan secara keseluruhan bisa juga disebabkan masalah nutrisi:

Delayed eruption of all teeth may be the result of a nutritional problem, such as rickets, or a systemic condition, such as hypopituitarism or hypothyroidism.

Kesimpulanku setelah baca sana sini:
1. Rickets bisa menyebabkan keterlambatan tumbuh gigi
2. Cepat/lambat kalau masih dalam range 4-18 bulan dan sekitarnya ya ga masalah
3. Yang pasti, semakin cepat tumbuh gigi, harus semakin awal belajar gosok gigi
eh tapi ya, gosok gigi harus dibiasakan sejak awal, misalnya sejak 3 bulan, ketika bayi sudah memasukan barang ke mulut, sejak menggigit2, karena jika nunggu tumbuh gigi, keburu ngerti, keburu ga mau ada barang asing yang tidak disukai masuk mulut. keburu tidak menyukai ritual sikat gigi. Dibiasakan sejak dia belum ngerti.
4. Untuk merangsang tumbuh gigi, sejak makan solid, kasih bayi makanan yang agak keras atau jangan lembek2 amat gitu.
5. Semakin cepat tumbuh gigi, semakin sering emaknya digigit kalo mimi

Lambat? cepat? ah.. paling beda beberapa bulan. Kecuali kalau sampe usia 18 bulan belum tumbuh gigi, baru deh konsultasi.
rickets artinya kurang calsium atau vit D atau asupan sinar matahari sehingga kalsium tidak dicerna tubuh. pengaruh rickets pada infant selain pada keterlambatan gigi juga pada keterlambatan duduk, merangkak, rolling, kurang tidur dan lain2.

Fakta lain tentang milk teeth atau gigi susu:
1. Sudah terbentuk sejak kehamilan 4 bulan
2. Pas lahir sudah dipersiapkan
3. tumbuh sampai usia 3 tahun
4. semakin lama/tidak copotnya, semakin bagus

Sumber: drgreene

=================

Update: 11M3D
Sejak butuh air bening, kakak dikasih yang fluoride added, khusus infant. Bagus untuk mencegah decay.
Ternyata gigi kakak ada putih2nya, tidak bening. Trus yang atas malah ada coklat2nya, garis2 tipis. Ga parah sih, ga kelihatan kalo ga dipantengin mah. Setelah baca2 ternyata bisa saja fluorosis.
Fluorosis adalah kelebihan fluoride intake.
Bayi di bawah 2 tahun dianjurkan tidak minum air botol yang fluoride added. Bahkan kalau perlu, tap waternya diperiksa ke lab.
Fluoride memang perlu untuk mencegah decay. Namun, penimbunan fluoride akibat kebanyakan malah berefek tidak bagus. Kebutuhan fluoride tidak penting lagi pas masuk ke gigi permanen.

Dari berbagai sumber.

Update

Sekarang kakak (3.5) dan adik (2) tahun sudah rutin ke dokter gigi. Alhamdulillah gak ada masalah. Bercak hitam di gigi kakak disinyalir ada asupan yang tidak diinginkan atau berlebihan.

Adik yang senang mengasah gigi (clenching) sampai bunyi kreket2, juga gak apa2 karena giginya tidak rusak, kecuali jika gerahamnya kelihatan aus, baru diambil tindakan, sekarang wait and see saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s