Mata bayi belekan

Seminggu terakhir, mata kiri adik beleknya berlebih. Kalau dibawa bobo sampe bikin nempel mata. Harus dilap pakai lap basah hangat. Lumayan juga, bikin adik bangun untuk mimi.

Mata bayi belekan adalah gejala biasa. Bisa kena pada usia awal atau 2-3 bulan. Penyebabnya adalah penyumbatan saluran air mata oleh kotoran karena… jarang nangis!
Iya, adik terhitung jarang nangis, jarang mengeluarkan air mata. Kalo nangis, keras sebentar saja, setelah itu diam dan gak sampai mengeluarkan air mata.
Jadi, bayi anteng ternyata gak bagus juga. Kerjaan bayi kan nangis😉 So, sekarang dibikin agar paling gak nangis 2 kali sehari sampe keluar air mata. Susah juga.

Beleknya sendiri hilang begitu saja setelah seminggu ini. Ada teraphynya sih. Aku pijit pangkal hidung dari bagian ujung mata sebelah dalam. Ada bagian keras di situ (saluran air mata), ditekan terus ditarik ke atas pangkal hidung. Seperti kalo biar anaknya mancung katanya. Lakukan pagi dan sore. Mayan juga, karena agak keras, adik jadi gak nyaman, kebangun dan nangis. Jadi, sekali mendayung 2 pulau terlewati🙂

Selain pijit itu, ada jug ayang menyarankan ditetesi asi atau diusap pake air ludah ibunya waktu bangun tidur, sebelon gosok gigi. Tapi malamnya gosok gigi dulu ya, heheh…

Gitu deh. Eh, tapi perlu dicatat juga kalo matanya merah, beleknya merah, bengkak, menunjukkan gejala memburuk setiap harinya, segera hubungi dokter anak anda. Atauuu…. sejak awal jika merasa khawatir, call the doctor right away, ok?

Nambah
Setelah dinyatakan sembuh oleh emaknya, ternyata masih tuh beleknya😀 Akhirnya nyerah deh, minta obat ke dokter. Macam pelumas gitu. Dimasukkan ke mata 3 kali sehari. Mayan juga, kalo bangun bobo, matanya gak rempet. Pentingnya, jadi cepat sembuh🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s